Bukti Menarik Macy’s Thanksgiving

Bukti Menarik Macy's Thanksgiving

Bukti Menarik Macy’s Thanksgiving – Warga di negeri Paman Sam barusan rayakan hari Thanksgiving jatuh pada tanggal 26 November tempo hari.

Perayaan Thanksgiving otomatis mengidentifikasi permulaan holiday season terutamanya di kota New York.

Kecuali nikmati sajian kalkun panggang dan pumpkin pie, perayaan Thanksgiving sama dengan parade yang diadakan tiap tahun oleh Macy’s yang disebut pusat belanja paling besar di Amerika Serikat.

Legendaris! Bukti Menarik Macy’s Thanksgiving Parade di New York

Parade Macy’s Thanksgiving ini diadakan tiap tahun pada hari Thanksgiving di kota New York dan ditayangkan oleh stasiun TV. Parade ini demikian khusus karena kecuali mendatangkan aktris dan artis populer, kita dapat menyaksikan kreasi karyawan seni dalam mendekor kereta untuk parade dan mendesain balon hias dengan topik yang lucu.

Ingin ketahui selanjutnya tentang parade Macy’s Thanksgiving yang demikian legendaris? Silahkan kita baca penjelasannya.

Awalannya disebutkan Macy’s Christmas Parade

Merilis dari situs CNN, parade ini awalannya adalah parade natal yang diadakan oleh pegawai Macy’s untuk rayakan peluasan toko mereka. Nama festival ini selanjutnya ditukar jadi Thanksgiving Day Parade pada tahun 1927.

Situs CNN mengatakan jika Macy’s bukan parade Thanksgiving pertama di Amerika. Parade pertama diadakan oleh Gimbel Brothers yang adalah pusat belanja di kota Philadelphia dengan panggilan Gimbels Thanksgiving Day Parade tahun 1920. Nama parade selanjutnya beralih menjadi 6abc Dunkin’ Donuts Thanksgiving Day Parade.

Bukti Menarik Macy’s Thanksgiving pertama dikerjakan di tanggal 27 November 1924

Macy’s langsungkan parade di kota New York untuk pertamanya kali tanggal 27 November 1924. Parade diawali pada persimpangan 145th street dengan Convent Avenue sampai Herald Square di jalan 34th Street, tempat pusat belanja Macy’s ada.

Parade baru tampil di monitor TV tahun 1946

Saat itu parade Macy’s Thanksgiving cuman bisa dicicipi oleh warga yang tinggal di kota New York. Mereka yang tinggal di luar New York cuman bisa dengar dan memikirkan visualisasi parade melalui tayangan radio.

CNN mengatakan jika tayangan live parade pertamanya kali tampil pada tahun 1946 tapi cuman untuk tempat New York saja. Pada tahun selanjutnya stasiun TV NBC menyiarkan parade ini secara nasional.

Mengikutkan binatang dari kebun binatang Central Park

Awalannya di parade ini, Macy’s mengikutkan hewan dari kebun binatang Central Park. Namun karena jalur yang panjang, kabarnya hewan-hewan ini sempat pernah mengaum hingga membuat pengunjung yang beberapa anak berasa takut. Pada akhirnya Macy’s tak lagi memakai hewan di parade tahunan mereka.

Pertunjukan balon hias jadi simbol Macy’s

Untuk menukar pertunjukan hewan dalam parade, Macy’s memakai balon hias dengan watak lucu seperti Clifford, Snoopy, dan Sponge Bob. Pertunjukan balon hias ini jadi populer apa lagi sesudah kiprah dari balon Felix the Cat yang disebut perancangan Sarg pada tahun 1927.

Bukti Menarik Macy’s Thanksgiving disudahi dengan kedatangan Santa Klaus

Macy’s parade selalu disudahi dengan Santa Klaus yang naik kereta santa dan Santa masuk di toko Macy’s yang berada di Herald Square di jalan 34th street.

Dikutip dari Daily Mail, Edmund Gwenn yang berperanan sebagai Kris Kringle di film Miracle of 34th Street, kenakan baju Santa Klaus di parade Macy’s Thanksgiving tahun 1946.

Minimal 8000 orang diperlukan untuk mempersiapkan Parade Macy’s Thanksgiving

Situs Daily Mail mengatakan jika tiap tahunnya sekurang-kurangnya ada 8000 orang yang berpatisipasi di acara parade Macy’s Thanksgiving. Dari 8000 orang itu, 200 orang mempersiapkan baju untuk 2000 orang yang bawa balon dan 4000 relawan, 400 beberapa anak, 900 badut, dan 300 orang yang menjaga balon hias.

Macy’s cuman pernah menggagalkan parade sekitar 3x sejak tahun 1924

Mencuplik dari situs DailyMail, Macy’s cuman pernah menggagalkan parade mereka sekitar 3x dan itu karena perang dunia ke-2 . Bahkan juga pada tahun 2020 ini, Macy’s masih langsungkan parade dengan jalur yang lebih pendek dan cuman bisa dilihat melalui tayangan TV.

Itu 7 bukti menarik mengenai parade Macy’s Thanksgiving yang telah berjalan sepanjang 96 tahun. Parade ini dilihat oleh warga Amerika dan pemirsa dari bermacam penjuru dunia.

Walau tahun ini warga tidak dapat saksikan langsung karena wabahk virus Corona, tapi Macy’s masih langsungkannya dan warga bisa melihat melalui stasiun TV.

Mari berkenalan dengan budaya negara lain

Thanksgiving ialah festival penting untuk rakyat Amerika untuk rayakan keceriaan dan rasa sukur atas semua nikmat kehidupan. Festival ini diputuskan sebagai hari liburan nasional. Biasanya, beberapa orang rayakannya dengan sajian kalkun panggang. Kecuali di Amerika, festival sama ada juga di beberapa negara lain. Ingin tahu dari negara mana dan seperti apakah perayaannya? Yok, baca rinciannya di bawah ini.

  1. Jepang

Semenjak 1948, orang Jepang rayakan Thanksgiving tiap 23 November bernama Kinrō Peluangha no Hi. Nama ini diambil dari festival Niinamesai yang sudah ada semenjak beberapa ratus tahun kemarin untuk rayakan musim panen. Perayaan dipegang oleh organisasi pekerja sebagai lambang perayaan usaha keras. Beberapa anak akan membuat kerajinan tangan dan hadiah untuk dikasih ke petugas keamanan di tempat.

  1. Kanada

Orang Kanada pertama kalinya rayakan Thanksgiving pada 1578 saat seorang pelacak asal Inggris rayakan kesuksesan pendaratannya di Nunavut. Pemerintahan membuatnya sebagai hari liburan nasional semenjak 1879, selanjutnya mengalihkannya ke 6 November sebagai perayaan sukur ke Tuhan atas panen yang berlimpah.

  1. Jerman

Thanksgiving di Jerman dikenali bernama Erntedankfest yang dirayakan sebagai hari liburan keagamaan. Erntedankfest jatuh tiap Minggu awal Oktober. Warga Jerman mengucapkan syukur atas peruntungan yang diberi Tuhan selama setahun. Festival ini sama dengan Erntekrone, mahkota yang dibuat dari beberapa bijian, bunga, dan buah-buahan.

  1. Liberia

Di Liberia, Thanksgiving dirayakan pada Kamis pertama November. Orang Liberia rayakan festival ini semenjak era ke-19. Peristiwa ini dipelopori oleh budak Amerika yang dibebaskan. Mereka akan penuhi gereja dengan bawa keranjang berisi buah-buahan lokal. Sesudah proses doa, buah-buahan akan dilelang. Lantas mereka pulang ke rumah untuk pesta pora, menyanyi, dan menari bersama.

  1. Korea

Di Korea orang rayakan perayaan namanya Chuseok Harvest Festival tiap hari ke-15 pada bulan kedelapan kalender Lunar sebagai penghormatan ke nenek moyang dan leluhur. Mereka rayakannya dengan pulang ke daerah nenek moyang dan ziarah ke pusara dengan bawa makanan tradisionil, seperti songp’yon (kue beras tradisionil), toran-t’ang (sup talas), dan song-i (jamur). Festival berisi menyanyi dan memanah. Orang Korea manfaatkan hari liburan ini untuk share kebahagiaan sama orang paling dekatnya.

  1. Tiongkok

Di Tiongkok, warga rayakan Harvest Moon Festival sepanjang tiga hari di tengah musim luruh saat bulan penuh dan paling jelas. Dalam tradisi kuno, festival ini dirayakan dengan rangkaian doa dan pembakaran persembahan. Tetapi, ini hari lebih dirayakan dengan kebersama-samaan. Warga di Tiongkok akan habiskan waktu dengan terlibat perbincangan sekalian melahap kue. Festival ini sama dengan lampion.

  1. India

Orang India mengenali festival Pongal untuk rayakan rasa sukur ke alam. Pongal dirayakan sepanjang 4 hari penuh di tengah Januari di India Selatan. Hari awal dirayakan dengan upacara penghormatan ke penguasa awan yang mengendalikan turunnya hujan, yakni Dewa Indra. Hari ke-2 dilaksanakan upacara penghormatan ke Dewa Matahari.

Beberapa orang secara simbolis menyembahkan tebu, kelapa, pisang dan nasi yang direbus dengan susu ke Dewa. Sementara, hari ke-3 ialah hari untuk memuliakan sapi yang dikenali sebagai Mattu Pongal. Sapi akan dihias dengan dekor dan manik-manik. Hari ke-4 adalah pucuk perayaan Pongal. Beberapa wanita India membersihkan daun kunyit lalu menempatkan beras disekelilingnya. Mereka berdoa minta kemakmuran untuk semua bagian keluarga.

Perayaannya hebat, kan? Meskipun Indonesia dengan cara resmi tidak rayakan festival Thanksgiving atau semacamnya, kita dapat ambil pelajaran dari perayaan ini untuk selalu mengucapkan syukur atas karunia yang Tuhan beri lewat semesta alam dan didalamnya.

Untuk berbagai informasi lainnya seputar pesona dunia bisa kunjungi situs https://pesona-dunia.com