Negara Tidak Dapatkan Perayaan Tahun Baru

Negara Tidak Dapatkan Perayaan Tahun Baru

Negara Tidak Dapatkan Perayaan Tahun Baru – Tahun baru menjadi perayaan yang dirayakan secara besar-besaran di berbagai belahan dunia.

Mungkin karena tahun baru dilihat seperti simbol kemauan baru sampai sebagian orang terasa semangat untuk menyambutnya. Karena benar-benar semangatnya, beberapa negara bahkan memiliki perayaan tahun baru yang spektakuler.

Negara Ini Kamu Tidak Akan Dapatkan Perayaan Tahun Baru

Well walaupun tanggal 1 Januari peluang betul-betul khusus, tapi realitasnya tidak semuanya negara merayakan tahun baru lho! Tidak percaya?

Arab Saudi

Sebagai negara Islam, Arab Saudi memiliki ketetapan yang cukup berbeda dengan biasanya negara dunia terhitung untuk permasalahan tahun baru.

Merayakan tahun baru di Arab Saudi ialah tindakan ilegal. Pasalnya sebagai negara Islam, Arab Saudi melihat tahun baru bukan segi dari syariat bimbingan Islam.

Untuk meredam ada kegiatan rutin perayaan tahun baru, polisi akan berpatroli dan yakinkan tidak ada toko yang jual atribut tahun baru, seperti kembang api, petasan, atau terompet. Sama seperti yang dikerjakan China, Arab Saudi menggunakan kalender lainnya, yaitu kalender Muharram atau Hijriyah.

Menurut kalender Hijriyah, tahun akan jatuh pada bulan pertama, tepatnya pada hari awalnya Muharram.

Argument-nya karena tahun baru dan hari valentine bukan segi dari syariat bimbingan Islam. Bahkan di 2 hari ini, polisi akan mengecek dan yakinkan bila tidak ada toko yang jual atribut tahun baru dan valentine seperti kembang api, terompet atau satu hal yang berbentuk hati warna pink dan merah sebagai simbol valentine.

Selain itu untuk Arab Saudi, tahun baru tidak jatuh di bulan Januari tapi di awal bulan Muharram yang disebutkan bulan dalam kalender Islam.

Iran

Bertepatan dengan hari awalnya musim semi, tahun baru Iran dirayakan berdasarkan kalender Persia dan telah jadi tradisi turun-turun temurun sejak 3 ribu tahun lalu.

Hampir sama dengan tahun baru yang kamu rayakan pada 1 Januari, tahun baru Iran dirayakan dengan tiupan terompet sebagai penyambut tahun yang baru. Masyarakat yang rayakannya biasanya akan gunakan baju tradisional terbaru punyanya.

Masyarakat Iran percaya bila cara ini ialah sesuatu pengucapan syukur pada Tuhan yang Maha Esa. Selain itu, masyarakat Iran akan merayakan tahun baru mereka dengan konsumsi semangkuk sup mi Ash-e Reshteh, dan membeli kue atau barang yang namanya dengan diawali suara ‘ess’.

Sama dengan Arab Saudi, Iran memiliki kalender sendiri sampai tidak aneh jika beberapa perayaan jatuh dihari lainnya dari biasanya orang. Di Iran tahun baru disebut Nowruz dan tidak jatuh pada tanggal 1 Januari tapi 21 Maret.

Di hari Nowruz, sebagian orang Iran merayakan hari ini dengan gunakan baju tradisional dan bersyukur ke Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Nowruz sendiri ialah diantaranya tradisi peninggalan kebudayaan Iran kuno dan sudah berjalan sejak 3.000 tahun yang lalu.

India

India dikenal sebagai negara dengan berbagai tipe perayaan dan festival, salah satunya adalah tahun baru. Walaupun berlainan dengan masyarakat biasanya yang merayakan tahun baru pada 1 Januari, masyarakat India punya banyak tanggal lainnya untuk merayakan tahun baru.

Misalnya saja Festival Cahaya atau Diwali yang dirayakan masyarakat Hindu, Sikh dan Jain diakhir Oktober atau awalannya November. Festival yang diselenggarakan sejauh lima hari berturut-turut itu realitanya mengenali awalannya tahun baru untuk komune Gujarat dan Marwari di India Utara.

Di negara segi Tamil Nadu yang tempati Sri Lanka dan kawasan India Selatan merayakan Puthandu sebagai tahun barunya pada 14 April, berdasarkan kalender matahari.

Beberapa orang India memang tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari. Tapi sebagai gantinya mereka memiliki banyak perayaan tahun baru pada suatu tahun. Sebagai diantaranya negara yang memiliki banyak kebudayaan, orang India memiliki perbedaan dalam hal tahun baru.

Dalam kalender India, tahun baru seharusnya dirayakan pada tanggal 22 Maret. Tapi tidak seluruhnya ikut rayakan. Orang yang tinggal di daerah Kerala misalkan, mereka merayakan tahun baru di tanggal 13 April. Hal yang sama juga berlaku untuk banyak wilayah lainnya memiliki perayaan tahun baru di tanggal yang berbeda.

Vietnam

Masyarakat Vietnam mengenal tahun baru sebagai Tet. Tet biasanya dirayakan diakhir Januari atau awalannya Februari. Kata ‘Tet’ ialah kata panggilan dari Tết Nguyên Đán, yaitu kalimat yang digunakan untuk sampaikan ‘Tahun Baru Imlek’ dalam bahasa Vietnam.

Dilihat seperti hari awalnya musim semi dan hari berlibur nasional paling utama di Vietnam, Tet jadi saat tersibuk sepanjang tahun. Masyarakat yang berada di luar kota akan mudik ke kampug halaman untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, seperti Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Bukan hanya itu, masyarakat Vietnam akan kerjakan acara tukar hadiah antar orang paling keluarga dan dekat. Karena menjadi saat terpenting dalam budaya Vietnam, Tet menjadi saat terbaik buat kamu yang akan traveling.

Karena kamu bisa tonton langsung tradisi, pertunjukan budaya, musik, dan penyeling gratis yang dihadirkan untuk menghibur masyarakat setempat.

Perayaan tahun baru di Vietnam disebut Tet. Terkecuali namanya lainnya, tahun baru dirayakan di tanggal berbeda. Tet biasanya dirayakan diakhir Januari atau awalannya Februari.

Saat Tet, orang Vietnam yang tinggal dikota akan pulang wilayah untuk menghabiskan waktu dengan keluarganya. Tradisi lainnya adalah tukar hadiah yang dikerjakan antar sisi keluarga dan sebagian orang paling dekat.

Bangladesh

Menggunakan kalender Bengali, masyarakat Bangladesh merayakan tahun baru pada 14 April, seperti kalender Gregorian. Dikenal juga sebagai Pohela Boishak, pada tahun baru Bengali, masyarakat Bangladesh akan membersihkan rumah dan menghiasnya dengan berbagai skema bermacam warna yang dikenal sebagai alpana.

Di tengah alpana, mereka seterusnya akan taruh pot tanah berisi air yang ditutup daun mangga dan dituruti dengan tanda sakral berupa swastika merah putih Hindu. Cara ini dilihat masyarakat Bangladesh dapat memberikan keberuntungan di masa menulisng.

Selain itu, mereka akan bertandang sungai terdekat untuk berdoa dan melakukan ritual pemandian. Selanjutnya, mereka akan menggunakan pakaian terbaik untuk berpawai, menari, dan menyanyi atau sekadar ke taman dengan keluarga.

Walau begitu, sama seperti yang dikerjakan oleh Israel, tanggal 1 Januari dilihat seperti hari berlibur nasional. Dan merayakan tahun baru pada tanggal itu tidak dilihat seperti tindakan melawan ilegal atau hukum.

Lain di Vietnam, lain di Bangladesh. Di hari Bengali, sebagian orang akan bangun pagi lalu mandi dan memakai pakaian terbaik mereka. Setelah sarapan, orang Bangladesh akan ke taman dengan keluarga dan kawan-kawan untuk merayakan Bengali.

Biasanya perayaan berisi pawai, menyanyi, menari, sama mengobrol atau kerjakan apa yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama. Walaupun begitu, tanggal 1 Januari tetap menjadi hari berlibur nasional di Bangladesh.

Tiongkok

Di tahun 2019 kedepan, tahun baru imlek jatuh pada tanggal 5 Februari. Untuk merayakan tahun baru, warga Tionghoa akan tergabung dan makan malam bersama.

Mereka membersihkan rumah untuk menghindari nasib buruk di tahun yang baru ini. Lain dengan tahun baru 1 Januari di mana biasanya yang merayakan adalah orang dewasa, perayaan tahun baru imlek menjadi perayaan favourite anak-anak di mana mereka akan mendapatkan uang keberuntungan yang dimasukkan ke dalam amplop disebut merah dan angpao.